Analisa Keuntungan Berjualan Kebab, Ternyata Sangat Menjanjikan !

Peluang Usaha Kebab – Kebab adalah makanan khas Turki yang cukup terkenal di Indonesia. Kebab banyak peminatnya tanpa melihat usia siapapun, dimulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Rasa khas kebab pun sangatlah unik, hingga membuat makanan ini populer di semua kalangan.

Usaha kebab bisa menjadi salah satu jenis bisnis yang membutuhkan modal sedikit, namun omsetnya bisa melambung tinggi. Makanan yang cukup familiar ini selalu laris manis dipasaran, sehingga tak heran anda dapat dengan mudah mendapatkan modal kembali.

Analisa Keuntungan Kebab

Franchise Kebab Murah

Mengingat usaha gerobak ini dijual di booth, maka anda harus menganalisa seberapa lama tempat jual kebab bisa bertahan lama. Peralatan untuk membuat kebab pun harus diperhatikan sebelum memulai bisnis ini. Anda harus memilih tempat yang strategis untuk menjual kebab, plilhlah tempat dekat sekolah, kampus, atau kantor yang banyak peminatnya.

Modal pertama kebab biasanya mencapai Rp 8.000.000,-. jika menggunakan jenis franchise maka anda bisa mengeluarkan Rp 5.000.000,-. Namun usaha jenis franchise ini biasanya menarik sejumlah fee, sehingga laba anda akan banyak terpotong untuk membayar fee tersebut. Jika anda tertarik untuk membuka bisnis kebab dengan jenis usaha franchise, pilihlah yang no fee.

Uang Rp 8.000.000,- tentunya bukan uang yang sedikit, tapi anda tidak perlu khawatir karena keuntungan yang akan didapat adalah sekitar Rp 7.000.000,- perbulannya. Tentunya untuk memulai bisnis kebab ini akan ada kebutuhan setiap harinya yang harus terpenuhi untuk membeli bahan-bahannya. Kebutuhan perharinya sekitar Rp 814.000,-.

Anda perlu memperhatikan bahan baku serta harga jual kebab yang cocok dikantong masyarakat, namun tetap bisa menghasilkan laba yang besar. Belilah bahan baku kebab yang relatif murah, cari tempat grosir yang menjual bahan tersebut dengan harga miring. Adapun harga jual kebab bisa mencapai Rp 18.000,- hingga Rp 30.000,-.

Keuntungan Jualan Kebab

Peluang Usaha Makanan
Peluang Usaha Makanan

Keuntungan berjualan kebab bisa anda rasakan segera, karena kebab merupakan makanan yang cukup terkenal dan banyak peminatnya. Hal ini membuat kebab mudah laris dipasaran. Konsumen juga banyak yang tertarik untuk mengkonsumsi kebab karena rasa lezat, bentuknya yang tidak ribet untuk dimakan, serta harganya yang sesuai dengan kantong mereka.

Jika dianalisis, untung berjualan kebab itu bisa mencapai Rp 2.000.000,- per bulannya hanya dengan modal Rp 5.000.000,- sudah termasuk franchise. Namun tentu saja itu hanya perkiraan, bisa lebih dan bisa kurang.

Kebab merupakan makanan yang tergolong sangat mudah dipasarkan, sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk memikirkan strategi marketing mengenai pemasaran makanan tersebut. Bentuknya yang mudah dikonsumsi membuat makanan inipun dapat dikonsumsi dari berbagai kalangan. Makanan ini akan diburu oleh masyarakat yang terburu-buru.

Kebab juga merupakan peluang bisnis yang menggiurkan, jika anda tidak memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis ini maka tak perlu khawatir. Banyak brand kebab yang membutuhkan karyawan atau reseller, sehingga anda dapat menjual kebab dengan sistem ini. Sistem reseller biasanya tidak perlu membutuhkan modal, karena anda menjadi tangan kedua yang menjual produk orang lain.

Hal yang cukup unik dan jarang diperhatikan dari keuntungan jualan kebab ini adalah mengenai kostum ataupun cara berpakaian. Anda tak perlu repot-repot untuk memikirkan pakaian yang cocok untuk berjualan, berbeda dengan menjual makanan korea, maka anda harus berpenampilan ala korea. Cukup menjadi diri sendiri ketika anda sedang berjualan kebab.

Bahan-Bahan Kebab

Peluang Usaha Kebab
Peluang Usaha Kebab

Pilihlah bahan-bahan kebab secara lebih selektif, baik itu dari harganya, maupun kualitasnya karena ini akan mempengaruhi harga per porsinya dan keuntungan yang akan didapatkan. Bahan-bahan kebab harus segar dan rata-rata tidak bisa bertahan sampai beberapa hari. Anda harus sigap dalam mengatur bahan tersebut supaya tidak ada yang terbuang sia-sia.

Bahan kebab biasanya mudah didapat di pasar, ingat untuk membeli bahan kebab di tempat grosir untuk mendapat harga yang relatif murah. Bahan dasar seperti saus, dan perasa lainnya bisa anda dapatkan di supermarket, karena biasanya supermarket menyediakan atau diskon. Hal ini membuat harganya bisa lebih murah dari tempat grosir.

Bahan bahan untuk membuat kebab adalah sebagai berikut, tortila, margarin, selada, timun, daging sapi/kambing asap, saus tomat, saus pedas, mayonaise, dan tomat. Semua bahan harus dalam keadaan matang. Untuk tambahan menu, penjual biasanya memberikan ekstra keju ataupun telur, sehingga beli lah dua bahan tersebut. Pilihlah bahan makanan yang tanggal kedaluarsanya masih lama.

Peralatan Kebab

Waralabab Kebab Murah
Peluang Usaha Kebab

Biasanya untuk jenis bisnis franchise anda harus membayar modal pertama sekaligus bisa memiliki semua peralatannya. Peralatan ini biasnya berupa booth atau gerobak. Booth ini bisa dibongkar sehingga memudahkan penjualnya jika ingin berpindah tempat. Booth ini dilengkapi dengan lampu, tempat kompor, serta banner yang tertera didepannya.

Peralatan kebab pun harus steril dan tertata rapi, jangan sampai konsumen anda merasa jiji dan tidak suka dengan penampilah booth yang berantakan. Bersihkan dan bereskan peralatan sebelum memulai berdagang terutama pada bagian tempat masaknya dan tempat penyajian kebabnya. Biasanya tersedia panggangan listrik didalam booth, dan peralatan itu harus anda bersihkan juga.

Peralatan yang lebih rinci untuk menunjang berjualan kebab adalah, booth, panggangan listrik, lampu, wajan, kompor beserta gasnya, centong kayu, piring lipat tortila, pisau, tempat saus dan mayonaise, cutting board, kontainer tempat sayuran, plastik, kresek, sarung tangan, capitan, pisau untuk memotong daging, kemasan untuk kebab, dan serbet untuk melindungi pakaian anda dari noda.

Cara Membuat Kebab

Peluang Usaha Makanan
Peluang Usaha Makanan

Cara membuat kebab tergolong kedalam proses yang mudah, karena kebab merupakan jenis makanan cepat saji yang tidak harus memiliki kemampuan khusus untuk membuatnya. Rasanya yang lezat ini tidak mempengaruhi proses pembuatannya menjadi ribet, tetap sederhana dan cepat. Jika anda telah memiliki semua bahannya, tahap selanjutnya adalah memasukan semua bahan kedalam tortila.

Jika anda ingin membuat kebab secara perlahan, maka hal pertama yang harus dipersiapkan adalah membuat tortila terlebih dahulu. Tortila adalah kulit luaran kebab yang membungkus seluruh isi kebab. Cara membuatnya siapkan terigu, garam, air hangat, minyak. Campurkan semua kedalam satu wadah hingga menjadi adonan.

Adonan tortila harus di diamkan dalam waktu 30 menit, setelah itu ambil segenggam adonan untuk dipipihkan dan dimasak ke dalam teplon yang panas. Adonan harus digiling menggunakan penggiling kue serta berbentuk bulat sebelum dimasak. Tortila siap dihidangkan dengan isi kebabnya setelah dimasak dalam waktu 15 menit hingga warnanya kuning kecoklatan.

Setelah mempunyai tortila yang telah masak, simpan dalam satu wadah untuk memudahkan penjualnya. Proses pembuatan kebab dalam satu porsi cukuplah sederhana. Siapkan semua bahan seperti daging, tortila, selada, tomat, sayuran, beserta sausnya. Simpan tortila di urutan paling bawah, masukan bahan, tata hingga rapi, beri balutan saus didalamnya, terakhir lipat tortila dengan rapi.

Daging asap dan tortila merupakan bahan utama pada kebab. Dua bahan ini biasanya tidak dapat digantikan dengan bahan lain, jika ingin memiliki cita rasa yang sesuai dengan aslinya. Pastikan sebelum menyajikan dua bahan ini kedalam kebab, daging dan tortila harus matang terlebih dahulu.

kemitraan franchise kebab murah

paket kebab murah

 

Peluang Usaha Kebab

Leave a Comment