Jenis Jenis Usaha yang Berkembang Pesat di Indonesia

Jenis Jenis Usaha – Berpikir untuk membuka usaha tentunya terkadang membuat bingung sendiri karena terlalu banyak jenis usaha yang bisa digarap. Usaha untuk mendapatkan uang tentunya tidak hanya tentang berdagang saja, anda bisa menawarkan jasa, yang disertai dengan beberapa keahlian. Usaha yang dimaksud disini bisa dalam perorangan ataupun usaha kelompok.

Usaha adalah salah satu jalan untuk mendapatkan penghasilan ataupun pekerjaan. Usaha ada berbagai macam jenisnya, sehingga anda tak perlu merasa kebingungan, serta kehilangan ide. Berbagai usaha yang ditawarkan dari lembaga swasta ataupu pemerintah harus bisa menginspirasai anda, supaya bisa membangun usaha sendiri.
Usaha Pabrikasi (Manufacturing)

Jenis bidang usaha ini adalah meliputi produksi manufaktur, produksi industri, sintesis, dan assemblasi. Usaha ini biasanya terfokus dalam pembuatan bidang logistik, serta pemasok ke perusahaan lainnya. Manufaktur biasanya memproduksi logistik ataupun produk dalam skala yang besar.

Karakteristik usaha pabrikasi adalah mengolah bahan menjadi barang jadi, berbeda dengan usaha lain yang biasanya menjual barang yang sudah jadi. Pasar bebas yang terjadi hari ini mengartikan usaha pabrikasi sebagai sistem produksi dalam jumlah yang besar, untuk dijual kepada pemborong dengan memperoleh keuntungan yang besar.

Jenis usaha ini sangat bekaitan dengan rekayasa atau teknik, sehingga membutuhkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sangat ketat. Disamping itu jika tinjau dari produksi barang dengan skala yang besar, usaha ini dapat membuka lapangan kerja dengan luas karena membutuhkan tenaga ahli yang banyak.

Usaha manufaktur tentunya hanya bisa dilakukan dalam bentuk perusahaan, karena membutuhkan sistem manajerial yang baik, serta membutuhkan tenaga kerja dalam jumlah yang tidak sedikit. Usaha ini biasanya jarang mendapatkan kerugian karena selalu menjadi pemasok tetap serta selalu dibutuhkan.

Usaha Pertanian (Agriculture)

Usaha Pertanian (Agriculture)
Jenis Jenis Usaha

Usaha pertanian biasanya berkaitan erat dengan perhutanan serta perkebunan. Usaha ini menghasilkan olahan sumber daya alam sehingga membutuhkan modal berupa kebun ataupun persawahan yang mencapai ribuan hektar. Indonesia merupakan negara agraris, hal ini membuat usaha pertanian mempunyai prospek yang sangat menjanjikan.

Sayangnya, tidak semua orang menyadari prospek yang menjanjikan pada usaha pertanian. Hal ini menyebabkan usaha di bidang pertanian dipenuhi oleh investror asing di Indonesia, dan rakyat hanya menjadi petani saja. Teknologi yang semakin tak terkendali membuat manusia lupa dengan jenis usaha yang menjanjikan ini.

Salah satu contoh cabang dari jenis usaha pertanian adalah budidaya tanaman hias. Tanaman hias yang mempunyai banyak penggemar, tentunya bisa menjadi ladang usaha untuk pada pembisnis. Prospek usaha ini cukup menjanjikan karena proses persaingan yang menggarap usaha ini tidaklah banyak.

Contoh cabang jenis usaha pertanian lainnya adalah menjual pupuk dengan berbagai variasi. Pupuk tentunya bisa dibuat dengan bahan-bahan sisa ataupun berasal dari kotoran makhluk hidup. Berkembangnya perkebunan di Indonesia membuat usaha pupuk laris manis dan banyak mendapatkan pelanggan tetap.

Usaha Perdagangan (Trade)

Usaha Perdagangan (Trade)
Jenis Jenis Usaha

Usaha dibidang ini meliputi mikro dan makro, usaha ini sangat sering dijumpai dikehidupan bermasyarakat. Perdagangan tentunya banyak jenisnya sesuai dengan sasaran serta luasnya pemasaran, contoh jenis usaha perdagangan adalah retail, ekspor, import, agen, dan grosir.

Perdagangan merupakan aktivitas yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Warung kecil dipinggir jalan bisa termasuk kedalam jenis usaha ini dan termasuk kedalam perdagangan kecil (retail). Supermarket kecilpun bisa termasuk kedalam contoh perdagangan retail.

Usaha perdagangan adalah jenis kegiatan yang memberikan ruang antara penjual dan pembeli untuk menghasilkan keuntungan bagi keduanya. Keuntungan dari usaha perdagangan adalah adanya fleksibelitas, jadi penjual dapat dengan bebas menjual barangnya dalam bentuk grosir ataupun eceran, berbeda dengan usaha pabrikasi yang mengharuskan produk skala besar.

Usaha ini tentunya banyak diminati oleh masyarakat, karena prosesnya yang berada disekitar masyarakat, serta masyarakat bisa dengan mudah mengembangkan usahanya dengan mudah. Usaha ini tentunya rawan penipuan bila tidak di kondisikan dengan baik. Jika usaha perdagangan anda ingin sukses, buatlah sistem manajerial yang baik.

Usaha Konstruksi (Construction)

Usaha Konstruksi (Construction)
Jenis Jenis Usaha

Usaha jenis ini biasanya disebut dengan “pemborong” karena keuntungan yang dihasilkan sangat fantastis. Biasanya usaha dalam bidang ini mempunyai laba 1 triliun dalam satu bulannya. Usaha ini bisa juga didirikan oleh perusahaan swasta. Usaha ini merupakan usaha pembangunan suatu fasilitas seperti gedung, jalan raya, tol, dan lain sebagainya.

Pada umumnya usaha konstruksi pasti memiliki team leader atau konsultan yang berperan untuk memimpin suatu proyek dan bekerja di dalam kantor. Pimpinan di lapangannya biasa disebut sebagai mandor, yang membawahi serta mengawasi para pekerja bangunan. Semua proyek ini diawasi oleh konsultan pengawas.

Sebelum memulai proyek, biasanya ada hal yang harus dipilih secara hati-hati yaitu metode pembuatan. Metode pembuatan ini akan berpengaruh kepada penentuan biaya yang diperlukan, rancangan bangunannya, hingga dampak yang akan terjadi pada pelaksanaan proyek. Sebuah jadwal perencanaan pun harus diatur dengan baik, demi kelancaran proyek.

Usaha Finansial

Usaha Finansial
Jenis Jenis Usaha

Usaha finsial meliputi bank, koperasi, serta lembaga asuransi. Usaha ini biasanya merupakan suatu lembaga yang bertujuan untuk menyejahterakan anggota ataupun pelanggannya. usaha ini tentunya mempunyai tanggung jawab untuk mengurusi dan membuat sistem manajeriala keuangan yang baik.

Koperasi biasanya sering bisa ditemui diberbagai daerah karena tujuannya untuk memakmurkan perekonomian masyarakat. Tujuan koperasi adalah untuk memberikan kesejahteraan masyarakat dalam bidang ekonomi supaya kebutuhannya terpenuhi dengan baik. Koperasi bisa berupa jual beli ataupun simpan pinjam yang bisa digunakan masyarakat.

Asuransi adalah suatu lembaga yang bisa melindungi aset pelanggannya. Asuransi meliputi sistem bisnis yang bisa memberi ganti rugi secara finansial, karena telah melibatkan pelanggannya untuk melakukan pembayaran premi secara teratur. Banyak masyarak yang memilih asuransi kesehatan ataupun pendidikan untuk masa depan yang aman.

Usaha Jasa Umum (Public Service)

Usaha Jasa Umum (Public Service)
Jenis Jenis Usaha

Usaha ini biasanya menangani jasa pengiriman barang, logistik, pergudangan, pengangkutan, dan distribusi barang. Usaha ini bisa didirikan oleh perorangan ataupun dalam perkelompokan. Jasa yang ditawarkan akan menguntungkan kedua belah pihak, karena keduanya sama-sama mendapat keuntungan.

Perusahaan jasa pengiriman barang merupakan usaha yang bergerak dalam bidang logistik. Usaha ini membantu pelanggannya memindahkan barang dari satu tempat, ke tempat lainnya. Fakta dari usaha yang menawarkan jasa ini adalah banyaknya kebutuhan di tempat lain yang harus dipasok sehinga membutuhkan jasa pengiriman barang.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memulai usaha jasa ini adalah pemenuhan tenaga pengangkut dan sistem manajemen yang baik. Usaha jasa ini akan berkembang dengan baik jika kebutuhannya terpenuhi dengan maksimal.

Usaha Jasa Wisata (Tourism)

Usaha Jasa Wisata (Tourism)
Jenis Jenis Usaha

Bukan hal yang sulit tentunya mendirikan usaha dibidang wisata ini. Banyak destinasi wisata di Indonesia yang bisa dijadikan tempat untuk mengembangkan usaha ini. Usaha pada bidang wisata harus mempunyai izin yang jelas, dan dibawah legalitas hukum. Anda bisa mendirikan travel jika ingin mempunyai usaha dalam bidang pariwisata.

Usaha dibidang jasa wisata lainnya bisa dengan menjadi pemandu wisata pada lokasi tertentu. Biasanya pantai bisa menjadi tempat yang cocok untuk menjadi pemandu wisata, karena banyak turis yang berkeliaran disana. Jasa wisata ini pun bisa didirikan oleh perorangan ataupun kelembagaan.

Memang, modal usaha yang dibutuhkan untuk mendirikan jasa wisata ini cukup besar. Tapi, keuntungan yang didapat juga tidak akan sedikit. Selain itu, anda juga bisa mendapat banyak bonus dari partner destinasi wisata di beberapa tempat nantinya.

Jenis Jenis Usaha

Leave a Comment