Jenis Jenis Plastik Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya !

Jenis Jenis Plastik – Plastik merupakan bahan sintetik atau semi sintetik yang berasal dari zat organik atau tambahan zat polimer dan sebagainya. Plastik terdiri dari susunan molekul-molekul polimer karbon saja atau dengan nitrogen, clorine, oksigen, atau belerang tulang belakang hewan purba. Di beberapa kasus, biji plastik sendiri di kategorikan menjadi beberapa bagian tergantung tingkat bahaya dan keamanan.

Plastik kini menjadi alternatif pembuatan barang rumah tangga maupun elektronik karena selain harga biji plastik yang lebih murah dari tembaga atau aluminium, plastik memiliki beberapa keunggulan yakni mampu menahan panas, bersifat non-konduktor, ciri fisik yang sangat mudah dibedakan, dan ekonomis. Namun kelemahan plastik yakni tidak ramah lingkungan dan beberapa jenis yang tergolong berbahaya.

PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate)

PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate)
Jenis Jenis Plastik

Plastik jenis polyethylene biasanya banyak digunakan sebagai bahan sintetis, bahan-bahan pembuatan botol minuman kemasan, dan wadah makanan kemasan. Sangat tidak dianjurkan untuk digunakan berulang kali. Artinya hanya diperuntukkan untuk sekali pakai dan tidak dianjurkan digunakan sebagai wadah air panas karena dikhawatirkan PETE/PET akan melepaskan zat kimia.

Plastik jenis ini sangat mudah tergores dan rusak dikarenakan memang hanya mampu bertahan dengan tempo waktu yang cukup singkat sehingga bila digunakan sebagai wadah makanan atau minuman lebih dari sekali maka dikhawatirkan molekul kimia berbahaya komposisi plastik tersebut akan terkikis dan makanan atau minuman akan terkontaminasi sehingga berbahaya jika tertelan tubuh.

Biasanya plastik jenis ini memiliki ciri yakni berwarna bening atau tergantung proses dan pewarnaan plastik, tapi paling umum berwarna bening mengkilap. Untuk memudakan membedakan dengan jenis plastik lainnya biasanya pada produk makanan atau minuman kemasannya akan ditandai dengan kode nomor 1 atau kode PETE/PET.

HDPE (High Density Polyethylene)

HDPE (High Density Polyethylene)
Jenis Jenis Plastik

Plastik jenis ini memiliki ciri-ciri berwarna dasar putih digunakan dalam sebagai bahan dasar pembuatan kantong plastik. Kantong plastik HDPE digunakan hanya untuk sekali pakai dan tidak dianjurkan untuk membungkus makanan berminyak atau makanan panas karena plastik jenis ini sangat mudah melepaskan zat kimia yang bersifat racun. Angka 2 mewakili simbol nomor daur ulang untuk plastik ini.

Meski plastik jenis ini cukup mudah di daur ulang dan tahan terhadap kontaminasi bahan kimia, akan tetapi sifat plastik ini sangat mudah terbakar dan meleleh. Hal ini karena memang jenis ini berbahan dasar minyak bumi sehingga sangat berbahaya bila berdekatan dengan api. Plastik jenis ini juga sering kali memicu kebakaran di daerah perumahan atau perkotaan.

V atau PVC (Polyvinyl Chloride)

V atau PVC (Polyvinyl Chloride)
Jenis Jenis Plastik

Plastik PVC merupakan singkatan dari jenis plastik polyvinyl chloride yang banyak digunakan sebagai bahan utama pembuatan pipa paralon, plastik pembungkus, dan botol plastik wadah zat lain seperti detergen, parfume, jerigen minyak, dan sebagainya. PVC cukup sulit di daur ulang serta sangat tidak ramah lingkungan dan biasanya ditandai dengan kode angka 3.

Menggunakan wadah berbahan plastik PVC sangat tidak dianjurkan untuk makanan panas karena bahan kimia PVC yakni DEHA sangat mudah bocor bila berada pada suhu hangat dan mudah bercampur dengan molekul minyak. Apabila menggunakan plastik pembungkus makanan PVC, maka jangan pernah memakai pada makanan panas yang berminyak karena berpotensi merusak ginjal dan hati.

LDPE (Low Density Polyethylene)

LDPE (Low Density Polyethylene)
Jenis Jenis Plastik

Plastik jenis ini cukup aman jika digunakan sebagai wadah makanan karena sudah terverifikasi sebagai bahan food grade. Sudah banyak produsen makanan dan minuman yang menggunakan plastik ini sebagai botol atau bungkus makanan. Ciri plastik jenis ini yakni sifatnya yang lentur atau fleksibel namun cukup kuat dan tidak mudah retak atau sobek.

Plastik jenis ini memang tidak mudah dihancurkan dan memerlukan waktu yang sangat lama jika diuraikan dalam tanah, namun setidaknya plastik jenis LDPE (low density polyethylene) bisa di daur ulang dengan hasil yang cukup aman bagi makanan dan minuman. Jika kemasan makanan atau minuman memiliki kode nomor 4, maka plastik tersebut merupakan plastik jenis LDPE.

Keunggulan lain yang dimiliki plastik jenis ini yaitu sifat anti korosi sehingga sering digunakan sebagai peralatan wadah untuk laborturium, lapisan kabel, dan bagian elektronik yang membutuhkan fleksibilitas lainnya. Akan tetapi plastik jenis ini juga rentan terhadap kondisi suhu panas dan hanya mampu bertahan pada temperatur 90 derajat celsius.

PP (Polypropylene)

PP (Polypropylene)
Jenis Jenis Plastik

Kita sering menemukan simbol angka 5 pada botol plastik minuman anak-anak maupun dewasa, wadah makanan, dan botol susu bayi. PP (polypropylene) yang merupakan jenis plastik dengan simbol angka 5 tersebut merupakan jenis plastik yang paling aman sebagai bahan plastik wadah makanan maupun minuman. Plastik jenis ini juga tahan panas dan tidak menimbulkan reaksi kimia jika dipanaskan.

Ciri botol plastik ini yakni memiliki warna dasar bening namun ada juga yang berwarna warni akan tetapi tetap saja meskipun sudah diwarnai, warna dasar bening akan tetap terlihat. Sangat disarankan untuk mencari simbol angka 5. Jika ingin membeli peralatan makan berbahan plastik sebagai wadah makanan, anda bisa menggunakan plastic ini karena plastik jenis PP juga bisa digunakan berulang kali.

PS (polystyrene)

PS (polystyrene)
Jenis Jenis Plastik

Jenis plastik polystyrene memang sudah terbukti aman digunakan sebagai wadah makanan atau minuman baik dingin maupun panas. Akan tetapi, tetap saja tidak dianjurkan untuk sekali pakai karena bahan polystyrene tidak cukup kuat dan mudah bocor bila digunakan berulang kali. Biasanya plastik polystyrene digunakan sebagai bahan dasar pembuatan styrofoam dan ditandai dengan simbol angka 6.

Plastik jenis ini menjadi masalah lingkungan karena penggunaannya yang hanya sekali pakai dan sifatnya yang tidak dapat terurai tanah, plastik ini juga dikenal dengan sebutan plastik abadi. Tidak berhenti disitu, masalah lingkungan lain muncul apabila ingin memusnahkan plastik jenis ini dengan cara dibakar karena dapat mengeluarkan zat beracun dan pencemaran lingkungan.

Polycarbonate

Polycarbonate
Jenis Jenis Plastik

Polycarbonate merupakan kelompok plastik polimer termoplastik. Keunggulan plastik jenis ini yaitu sifat tahan termal dibandingkan plastik jenis lainnya, warna dasar plastik sangat bening dan tahan benturan. Karena sifatnya yang kuat dan tahan benturan plastik jenis ini sering digunakan sebagai bahan pembuatan atap plastik, dinding plastik, dan peralatan rumah tangga plastik lainnya.

Tidak jarang juga bahan polycarbonate digunakan sebagai bahan pembuatan botol minum. Namun untuk penggunaan botol minum polycarbonate sebaiknya dihindari karena jenis plastik dengan simbol angka 7 ini dapat melepaskan bahan utama pembuatannya yaitu Bisphenol-A. Dimana makanan atau minuman mudah terkontaminasi bahan kimia dan berpotensi merusak sistem hormon.

Plastik jenis ini cukup kuat menahan beban dan mudah dibentuk. Meskipun sifat plastik polycarbonate tergolong non konduktor, akan tetapi plastik jenis ini tidak mudah bereaksi dengan suhu panas. Memerlukan suhu 300 derajat Celsius untuk melelehkan polycarbonate. Bahkan plastik ini cukup aman digunakan sebagai bahan peralatan medis plastik karena sifatnya yang tahan panas.

Jenis Jenis Plastik

Leave a Comment