Jenis Jenis Badan Usaha di Indonesia Beserta Penjelasan dan Contohnya

Jenis Jenis Badan Usaha – Badan usaha mempunyai pengertian kesatuan yuridis, ekonomis, dan teknik yang bertujuan mendapatkan laba dan keuntungan. Badan usaha terdiri dari modal, pemilik modal, tenaga kerja, dan memiliki target yang pasti, serta pasar yang tetap. Badan usaha juga bisa disebut sebagai pusat organisasi, serta menyelenggarakan proses produksi.

Jenis badan usaha bisa ditentukan sesuai dengan kepemilikan modalnya, segi konsentrasinya, dan hukum yang melegalkannya. Berbagai jenis badan usaha telah berdiri di Indonesia dan berperana aktif dalam meningkatkan perekonomian di Indonesia. Badan usaha bisa membukaan lapangan kerja untuk seluruh lapisan masyarakat. Berikut ini kami rangkum beberapa jenis badan usaha

1. Badan Usaha Agraris

Badan Usaha Agraris
Jenis Jenis Badan Usaha

Jenis badan usaha ini bergerak membawahi bidang pertanian, kehutanan dan perkebunan. Badan usaha ini biasanya mendapat legalitas hukum yang jelas karena mampu mengembangaksn sumber daya alam dengan baik. Badan usaha ini juga membawahi bisnis olahan hewan dan tumbuhan.

Indonesia merupakan negara agraris dengan luas tanah yang terhampar, tentunya bisa diolah menjadi pertanian dan perkebunan. Badan usaha agraris tergolong kepada jenis usaha yang sesuai dengan lahan garapannya, bukan tergolong kedalam jenis usaha kepemilikan modal. Biasanya badan usaha ini mendirikan organisasi sendiri, ataupun di bawah naungan koperasi.

Keuntungan yang didapat dalam badan usaha agraris ini tidak bisa dinikmati oleh satu lembaga tertentu. Hal yang perlu diperhatikan dalam mendirikan usaha ini adalah persediaan lahan dan kesejahteraan para petani. Semuanya harus tersusun rapi menjadi sebuah kebijakanlembaga badan usaha.

Badan usaha agraris pun biasanya akan membentuk aliansi untuk melindungi lahan dari sengketa serta proyek pembangunan gedung. Badan usah agraris akan selalu terfokus pada produksi sumber daya alam, contohnya seperti pembuatan pupuk, budidaya tanaman, bibit tanaman, dan lain sebagainya.

2. Badan Usaha Industri

Badan Usaha Industri
Jenis Jenis Badan Usaha

Badan usaha industri adalah lembaga yang mengelola olahan hasil bumi, seperti tembaga, emas, perak atau perunggu. Badan usaha ini biasanya dapat memproduksi barang dalam skala besar, yang tentunya membutuhkan pengurus dan tenaga kerja dalam jumlah yang banyak. Badan usaha ini pun biasanya dilindungi oleh legalitas hukum yang jelas.

Perindustrian tentunya tidak bisa terlepas dari pemilik modal, dalam badan usaha ini biasanya terdapat pemilik modal yang menguasai berjalannya semua kegiatan tersebut. pemilik modal ini adalah investor perorangan atau pemerintahan. Badan usaha ini biasanya mempunyai aturan ketat dalam penerimaan kepengurusannya.

Badan usaha ini mewadahi seluruh hasil produksi, dan membantu mendistribusikannya kepada perusahaan yang membutuhkan. Badan usaha industri biasanya dipenuhi oleh buruh dan para pekerja lainnya. Salah satu contoh aktivitas badan usahanya adalah kegiatan pembuatan tekstil, dan tambang emas.

Industri ini menjadi salah satu sektor terbesar di Indonesia yang mampu meningkatkan perekonomian dalam negeri. Hasil dari badan usaha ini biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Disamping itu, keuntungan dari badan ini berada dalam perlindungan sistem keuangan yang aman.

3. Badan Usaha Perdagangan

Badan Usaha Perdagangan
Jenis Jenis Badan Usaha

Badan usaha ini membawahi kegiatan perdagangan antar masyarakat, biasanya badan usaha ini membentuk sebuah “PT’’ yang dimana mempunyai pimpinan tetap, serta pemilik modal. Badan usaha perdagangan sering dijumpai dengan membentuk sebuah supermarket, retail, atau pun perusahaan grosir.

Kegiatan perdagangan didalamnya yang menjadi ciri khas badan usaha ini. Inti tujuan dari badan ini untuk menyejahterakan para pengusaha yang berdagang dan ingin terus mengembangkan usahanya. Badan ini melindungi seluruh pedagang untuk mendapatkan kemakmuran dalam berdagang.

Perdagangan tentunya bisa ditemukan sebagai aktivitas biasa pada masyarakat. perdagangan harus sesuai dengan permintaan pembeli, dan tidak boleh ada penipuan diantara keduanya. Badan ini kan melindungi setiap konsumen dari kejahatan pedagang nakal. Kegiatan jual beli pun akan berjalan lancar.

Badan ini biasanya mempunyai prosedur atau aturan yang tidak terlalu kaku, karena perdagangan bersifat fleksibel dan juga memiliki kebebasan. Badan usaha perdagangan menjadi salah satu lembaga yang dapat memajukan perekonomian masyarakat dari tingkat menengah kebawah.

4. Badan Usaha Milik Negara

Badan Usaha Milik Negara
Jenis Jenis Badan Usaha

Badan usaha milik negara merupakan badan atau lembaga yang bukan dimiliki oleh swasta. Badan ini mempunyai modal yang seluruhnya dimiliki oleh negara. BUMN merupakan salah satu lembaga pelaku ekonomi yang bekerja di bawah naungan sistem nasional. Badan ini berkontribusi dalam perekonomian indonesia.

BUMN mempunyai tujuan untuk berperan aktif menghasilkan berbagai barang dan jasa yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. BUMN kini merambah sektornya ke bagian pertanian, listrik, pertambangan, perkebunan, kehutanan, transportasi, serta telekomunikasi. Tentunya ini semua demi meningkatkan perekonomian Indonesia.

Badan ini memiliki fungsi sebagai penyedia produk yang ekonomis, dan jasa yang tidak tersedia oleh badan usaha swasta. BUMN berperan sebagai pengelola dari cabang-cabang yang memproduksi sumber daya alam untuk kebutuhan masyarakat. BUMN juga menjadi pelopor usaha yang diminati oleh badan swasta.

5. Badan Usaha Milik Swasta

Badan Usaha Milik Swasta
Jenis Jenis Badan Usaha

Badan usaha milik swasta adalah lembaga yang modalnya dimiliki oleh pihak swasta. Badan usaha ini memiliki berbagai fungsi dan peranan untuk meningkatkan perekonomian di Indonesia. Tujuan dari badan usaha milik swasta ini adalah mencari keuntungan sebanyak dan seoptimal mungkin, serta membuka lapangan pekerjaan.

Badan usaha swasta ini bisa didirikan oleh perongan atau kelompok, dengan tujuan untuk mendapat keuntungan dan mengembangkan modal. Badan usaha ini mempunyai tugas yang spesifik yaitu menjadi penyedia barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat dalam jalan komersial. Badan usaha ini telah melebarkan sayapnya ke beberapa sektor.

Tujuan lain didirikannya badan ini adalah membantu pemerintah untuk meningkatkan perekonomian, serta memberi lapangan kerja untuk mengatasi pengangguran. Badan ini pun dapat membantu meningkatkan devisa negara dari perusahaan swasta yang menyediakan kegiatan ekspor dan impor.

6. Badan Usaha Berdasarkan Lapangan Usaha

Badan Usaha Berdasarkan Lapangan Usaha
Jenis Jenis Badan Usaha

Badan usaha ini biasanya meliputi badan usaha ekstrasif. Badan usaha ekstrasif memiliki kegiatan mengambil hasil alam secara langsung, sehingga menimbulkan manfaat tertentu. Contoh dari badan usaha ekstrasif adalah perikanan di laut. Badan usaha ini sedang dikembangkan oleh pemerintah ataupun perusahaan swasta.
Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang melimpah mampu menjadikan badan usaha ini berkembang dengan pesat. Badan usaha ini tentunya mendapatkan payung hukum yang jelas, dan pengelolaan sistem yang baik.

Badan usaha ini sama seperti badan usaha agraria, namun badan usaha ekstrasif bersifat langsung sedangkan agraria tidak. Badan usaha ekstrasif memiliki keunikan tersendiri karena kegiatannya masih dalam tahap pertambangan. Badan usaha ini pun juga dikelola oleh BUMN dan BUMs.

7. Badan Usaha Berdasarkan Kepemilikan Modal

Badan Usaha Berdasarkan Kepemilikan Modal
Jenis Jenis Badan Usaha

Badan usaha ini pemiliknya ditentukan berdasarkan pemilik modal. Biasanya badan ini berupa lembaga yang membantu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian di Indonesia. Badan usaha ini telah masuk kedalam beberapa sektor yang dekat dengan masyarakat. Sektor yang di fokuskan dalam badan usaha ini adalah perdagangan.

BUMN dan BUMS termasuk kedalam badan usaha berdasarkan kepemilikan modal, karena modal yang dimilikinya dikuasai oleh pemerintah dan lembaga swasta. Jenis badan usaha ini mempunyai tujuan untuk mendapatkan laba sebanyak-banyaknya untuk menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya, serta bisa meningkatkan perekonimian di Indonesia.

Jenis Jenis Badan Usaha

Leave a Comment